Cerita anak Bulan Juni

Hari kenaikan dan kelulusan telah tiba. Saat inilah hari yang di tunggu-tunggu bagi anak-anak TK B yang akan pindah dan naik ke kelas 1. Pada hari sabtu tanggal 18 Juni 2011 kami ibu-ibu Unit 1 mengambil raport di sekolah. Waktu pengambilan raport kami harus mengantri menunggu giliran karena sudah banyak yang datang duluan, terlebih dari Boncel juga pengambilan raportnya paling banyak. Di unit 1 ada 15 anak yang sekolah belum termasuk unit 2 & unit 3 jadi kami harus sabar saat mengambil raport untuk anak-anak TK B, Bu guru memberi penjelasan bahwa ada satu anak yang belum mampu untuk mengikuti pelajaran di kelas 1 yaitu Manda, karena daya tangkap Manda yang di bawah rata-rata di bandingkan anak-anak yang lain tapi meskipun begitu kami juga tetap memberikan dukungan untuk Manda agar dia tidak merasa rendah diri. Nantinya Manda akan pindah di PA. Vinsentius Putera, bersama dengan beberapa anak lainnya.

Suster dan ibu pengasuh pun sibuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang akan di bawa anak-anak pindah ke panti besar. Ketika bu Marmi, Bu Narni &Bu Wiwin mempersiapkan alat-alat tulis, Oki, Raju, Gresa & Siska bilang katanya mau ikut membantu, ibu pengasuh-pun mengiyakan setiap tas diberi nama anak-anak yang akan pindah dan baru diisi buku, pensil, penggaris, pensil warna, tempat pensil ketika semua sibuk mengisi tas tiba-tiba Oki berkata, Bu saya yang ini saja, ternyata tas yang dipegang Oki itu sudah diisi oleh Oki sesuai keinginannya. Saya hanya tersenyum dengan tingkah Oki tersebut dan akhirnya persipan untuk anak-anak pindahpun selesai.

Pada hari Rabu tanggal 22 Juni 2011, kami mengadakan acara ulang tahun 3 bulanan dan acara perpisahan bagi anak-anak yang akan pindah. Acara diawali dengan Misa Ekaristi di Kapel Boncel pada Pkl. 06.00 s.d Pkl. 07.00 kemudian dilanjutkan perayaan ulang tahun & perpisahan pkl. 10.00 pagi di unit 2. Puji Tuhan untuk acara kali ini ada ibu yang berbaik hati menyumbangkan kue tart untuk setiap anak dan diberi nama masing-masing anak. Sedangkan bagi anak-anak yang akan pindah ada acara potong tumpeng.

Acara di pandu oleh Sr. Philomina dan Ibu Agustin, anak-anak yg berulang tahun dan yang mau pindah didoakan oleh Sr. Philo. Dalam acara tersebut anak-anak terlihat bergembira, anak-anak menari & menyanyi untuk menghibur teman-teman mereka yang berulang tahun dan yang akan pindah. Acara ulang tahun di tutup dengan makan bersama & membagikan kado untuk yang ulang tahun.

Ada rasa sedih yang kami rasakan karena harus berpisah dengan anak-anak yang selama ini tinggal bersama-sama kami. Walaupun kami tahu kepindahan mereka juga demi kebaikan mereka terlebih ketika salah satu anak TK B mengungkapkan kata “maafkan kami kelas TK B bila selama ini di Boncel kami menjadi anak yang nakal semoga kelak kami menjadi anak yg berguna. Doakan kami Suster…. Ibu .. kata bu guru besok ambil raport dan setelah itu libur lama.” Kata-kata tersebut sangat istimewa bagi kami dan membuat keadaan semakin haru.

Tetap berusaha nak …… Ibu dan suster mendukung kalian untuk belajar lebih giat lagi.