"BERKAT LUAR BIASA"

Dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi kisah tentang Panti Asuhan Vincentius Putera sepanjang tahun 2013 - 2014. Pada awal tahun kapel Panti Asuhan Vincentius Putera memperoleh berkat air yang melimpah hingga menggenangi bagian lantai kapel panti, karena sebagaimana yang kita ketahui bersama di pertengahan bulan Januari 2013 yang lalu jakarta dilimpahi oleh hujan yang luar biasa sehingga banyak sekali wilayah jakarta kebanjiran. Demikian juga kapel Panti Asuhan Vincentius Putera kena dampak kebanjiran. Pengalaman banjir tersebut membuat kami lebih waspada lagi dengan memperhatikan setiap gorong - gorong atau saluran air yang tersumbat. Setelah kapel dibanjiri oleh air pada akhirnya menjadi tempat yang \"membanjiri\" berkat bagi pasangan - pasangan yang menikah di kapel Vincentius A Paulo sekitar 13 pasang pengantin yang memperoleh berkat Tuhan di kapel panti. Semoga kenangan indah itu selalu melekat dan mempererat hubungan kasih mereka.

Selain sebagai tempat berkat bagi pasangan pengantin, kapel Vincentius A Paulo juga menjadi berkat bagi 16 anak yang dibaptis dan 5 anak yang menerima komuni pertama pada paskah tahun 2013 kemudian berlanjut pada paskah tahun 2014 ada 7 anak yang dibaptis dan 4 anak yang menerima komuni pertama. Seiring berjalannya waktu Panti Asuhan Vincentius Putera telah mengalami perkembangan dan kemajuan, terlihat dari beberapa kegiatan ekstra kurikuler anak - anak panti antara lain ; seni musik ( biola, gitar, organ, kulintang dan band ) futsal, taekwondo dan fotografi. Dari kegiatan tersebut bertujuan untuk memancing kreatifitas anak - anak supaya bisa mengembangkan diri sesuai skill atau kemampuannya masing - masing, sedikit demi sedikit kami juga mencoba untuk mengajarkan kemandirian kepada anak - anak agar memiliki pola pikir baru bahwa kita hidup jangan selalu bergantung pada orang lain. Selain itu kami juga menanamkan nilai - nilai kehidupan yang berarti dalam hidup mereka, bukan hanya dengan perkataan atau ajaran - ajaran di kelas namun dengan praktek dalam kehidupan nyata yang bisa mereka rasakan dan alami.

Kami juga bersyukur karena anak - anak bidang fotografi berhasil mengadakan acara pameran foto dengan melibatkan teman - teman dari panti - panti lain se-Jabodetabek, pameran foto tersebut diawali dengan perlombaan foto bertema \"Pantiku Keluargaku\". Foto - foto dari para peserta lomba dipamerkan di Function Hall pada bulan Oktober 2013. Dalam perlombaan foto tersebut untuk proses penilaian dilakukan secara netral dengan mendatangkan juri dari luar panti, kami bangga karena dari hasil penilaian akhir diumumkan bahwa anak - anak Panti Asuhan Vincentius Putera sebagai pemenang utama ( juara I - III ), ini suatu prestasi yang luar biasa dan kemenangan yang diperoleh hasil dari ilmu yang mereka pelajari atau dapatkan lewat kursus fotografi dipanti. Lomba foto tersebut bertujuan untuk menumbuhkan minat atau niat anak - anak akan dunia seni fotografi yang kelak bisa menjadi bekal hidup mereka di masa yang akan datang.

Pada pertengahan tahun 2014 anak - anak mendapatkan kegiatan ekstra kurikuler baru dalam seni tari yaitu Ballet dan Kerajinan Tangan (berupa rosario, gelang tali dan pernak - pernik lainnya) hasil karya anak - anak tersebut telah dipasarkan serta dapat pesanan dari paroki maupun sekolah - sekolah. Disamping memperoleh ekskul baru, kami juga mengajak anak - anak untuk melakukan budaya baik yaitu ; mencintai lingkungan dengan membuang sampah berdasarkan jenis sampah, budaya tersebut untuk melatih anak - anak supaya tidak membuang sampah di sembarang tempat karena jika pengolahannya dilakukan secara baik akan memberikan arti dalam kehidupan sehari - hari, dengan menyediakan tempat sampah pada suatu tempat yang berjumlah 4 buah. Anak - anak dilatih untuk membuang sampah sesuai jenisnya. Demikianlah beberapa peristiwa dan kegiatan yang terjadi sepanjang tahun 2013 - 2014, nantinya akan ada satu kegiatan besar di pertengahan tahun 2015 tepatnya pada tanggal 15 Agustus 2015 akan menggelar Konser Musik yang ditampilkan oleh Keluarga Besar Panti Asuhan Vincentius Putera, kami katakan demikian karena dalam konser nanti bukan hanya menampilkan anak - anak saja namun para karyawan yang selama ini terlibat di Panti Asuhan Vincentius Putera, mereka akan menampilkan hasil latihan dalam bentuk lagu, tarian, permainan alat musik tradisional serta alat musik modern. Dengan harapan pada saatnya nanti anda berkenan untuk datang menyaksikan kreasi dan inovasi anak - anak Panti Asuhan Vincentius Putera, karena kehadiran anda adalah dukungan bagi anak - anak.