PERLOMBAAN SEKOLAH 2014


1. SINT JOSEPH CUP IV DI SMP SINT JOSEPH

Waktu : Sabtu, 28 – 29 November 2014

I. Pendahuluan

Berkat dukungan moral, finansial, dan doa dari berbagai pihak akhirnya Sint Joseph Cup IV 2014 yang diselenggarakan oleh SMP Sint Joseph Jakarta berjalan dengan sukses. Lebih dari itu, tentu semuanya terjadi karena berkat dan penyertaan Tuhan. Perhelatan besar kali ini bisa dianggap lebih meriah dan membanggakan dari perhelatan serupa sebelumnya, di mana penganggaran, efisiensi, serta efektifitas dana terpenuhi; kinerja dan profesionalitas panitia yang maksimal; keterlibatan, antusiasme, dan sportivitas peserta lomba yang meningkat; penambahan jenis lomba (sebelumnya hanya lomba futsal, sedangkan kali ini ditambah dengan lomba menulis narasi); pemeriahan acara dengan berbagai atraksi yang menarik; serta bukti kesuksesan lain yang tidak dapat diuraikan satu per satu di sini, namun akan tetap tersimpan di benak para panitia dan peserta lomba. Kegiatan ini juga dilaksanakan tidak seperti biasanya yaitu hanya sebatas kegiatan lomba olahraga rutin, tetapi disukseskan dalam rangka pemeriahan Perayaan 160 Tahun Perhimpunan Vincentius Jakarta (PVJ).

II. Bentuk Kegiatan
Kegiatan Sint Joseph Cup IV 2014 berbentuk lomba futsal dan menulis narasi bagi siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar.

III. Peserta Kegiatan
Panitia Sint Joseph Cup IV 2014 menyasar para siswa-siswi tingkat SD se-DKI Jakarta yang memiliki bakat dan kemampuan dalam bidang lomba yang diadakan.

IV. Tema Kegiatan
Sint Joseph Cup IV 2014 memiliki tema: “Fight to be a winner”. Tema ini dimaksudkan agar para peserta mampu mengerahkan seluruh daya yang mereka miliki untuk mencapai kemenangan tanpa mengabaikan nilai-nilai persaudaraan dan sportivitas.

V. Tujuan Kegiatan
Sint Joseph Cup IV 2014 diselenggarakan dengan tujuan:
1. memeriahkan Perayaan 160 Tahun Perhimpunan Vincentius Jakarta (PVJ),
2. sebagai media pengembangan bakat dan minat, latihan berorganisasi, serta alat untuk memupuk solidaritas,
3. sebagai sarana promosi SMP Sint Joseph Jakarta.

VI. Pelaksanaan Kegiatan

 

VII. Hasil Kegiatan
1. Perjalanan Singkat Kegiatan
a. Hari Pertama (I), Jumat, 28 November 2014:
Kegiatan dimulai dengan acara penyambutan peserta oleh panitia, perarakan masuk ke lapangan, dilanjutkan dengan upacara pembuka yang dimeriahkan oleh tim Musical Ensamble dan beberapa vokalis terbaik SMP Sint Joseph. Setelah itu kata sambutan disampaikan oleh ketua panitia, kepala sekolah, dan perwakilan pengurus Perhimpunan Vincentius Jakarta (Bapak Hariadi Widiarta). Seusai kata sambutan diteruskan dengan pembacaan janji atlit dan wasit. Acara pembuka ditutup dengan pemotongan tali himpunan balon yang diterbangkan ke udara sebagai tanda dimulainya lomba.
Selama acara ini seluruh peserta sangat antusias, kagum, dan senang karena mereka disambut dengan meriah.
Lomba yang diadakan pada hari pertama adalah futsal dan menulis narasi. Lomba menulis narasi langsung selesai pada hari itu juga, sedangkan lomba futsal masih tersisa untuk hari kedua. Kegiatan hari pertama berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

b. Hari Kedua (II), Sabtu, 29 November 2014:
Tanpa ada acara pembuka, kegiatan lomba futsal hari kedua langsung dimulai. Lomba berlangsung hingga siang hari. Setelah selesai lomba dan para pemenang diketahui, acara penganugerahan juara segera digelar. Sambil menunggu waktu penyerahan hadiah, seluruh peserta dihibur lagi dengan dance performance dari siswa SMP Sint Joseph. Hadiah diberikan kepada pemenang dari dua cabang lomba yang diselenggarakan. Kegiatan hari kedua berakhir sekitar pukul 14.00 WIB.

 


2. Lomba Melukis

TKK Boncel, 7 Februari 2015
Pada tanggal 29 Agustus 2015 mendatang, Perhimpunan Vincentius Jakarta (PVJ) yang salah satu Karya Sosial Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) yang mengelola 4 Panti dan 4 Sekolah yaitu : PSAA Vincentius Putra, PSAA Vincentius Putri, PSAB Pondok Si Boncel, PSAA Desa Putera, SD, SMP, SMK Sint Joseph, dan TKK Boncel akan memasuki usia yang ke 160th. Adapun salah satu kegiatan yang diselenggarakan antara lain : Lomba Melukis bagi anak-anak TK A dan TK B serta SD kelas 1-3. Lomba melukis dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2015 yang lalu di TKK Boncel Srengseng Sawah – Jakarta Selatan.

Tema khusus lomba melukis tersebut adalah “Ulang Tahunku” untuk kategori TK dan “Cita-citaku” untuk kategori SD. Total peserta yang mengikuti lomba yaitu 117 peserta. Diantaranya 78 peserta TK dan 39 peserta SD.

Kegiatan Lomba melukis dilaksanakan pada pukul 09.00 dimulai dengan registrasi ulang peserta, kemudian diisi dengan sambutan-sambutan, dan pada pukul 09.30 para peserta diiringi oleh pendamping tiap-tiap kelas memasuki ruangan yang telah disediakan, dan pada pukul 09.35 peserta mendapat pengarahan dari para pendamping tentang lomba melukis. Bel berbunyi tanda lomba lukis dimulai, anak-anak mulai berkreasi dengan alat-alat mereka, diantaranya Oil Pastel Color, dan juga beberapa peralatan lain yang dapat menunjang kegiatan mereka dalam berkreasi. Lomba berlangsung selama 120 menit.

Pukul 11.30, kegiatan lomba berakhir. Para peserta kembali ke aula untuk menikmati makan siang bersama, dan sambil menunggu penilaian dari para juri mereka menyaksikan atraksi dari Panti Asuhan Pondok Si Boncel berupa tarian, dan juga atraksi sulap dari salah satu guru di TKK Boncel. Tepat pukul 12.00, para juri telah berkumpul di Aula TKK Boncel untuk mengumumkan para juara lomba melukis kategori TK dan SD. Kejuaraan dari masing-masing kategori adalah Juara 1, 2, 3 dan Harapan. Adapun masing-masing pemenang memperoleh piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Pemenang lomba kategori TK :
Juara I : Azura Thalita dari TK Islam Annisa
Juara II : Rachel Princessa Febrianti dari TKK Boncel
Juara III : Antoniet Prieladharu dari TK Strada Indriyasana
Juara Harapan : Azhar Adam dari TKIT Nurul Iman

Pemenang kategori SD :
Juara I : Abira Yuliana dari SDN Srengsengsawah 07 pagi
Juara II : Yoana Alicia dari SD Charitas
Juara III : Axel Kusuma Kertapati dari SD Desa Putera
Juara Harapan : Felicia Cahyaningtyas dari SD Charitas

Selamat ulang tahun Perhimpunan Vincentius Jakarta. Tetap solid dan terus maju dalam melaksanakan karya sosial kepada anak-anak yang haus akan pendidikan dan ingin meraih masa depan yang lebih cerah. Tuhan memberkati….

3. SINT JOSEPH CERIA DI SD SINT JOSEPH
Waktu : Sabtu, 7 Maret 2015

• Lomba yang terlaksana pada tanggal 7 Maret 2015 adalah :
1. Lomba menari tingkat TK
2. Lomba komputer kid tingkat SD

• Peserta yang mendaftar :
1. Lomba Menari tingkat TK
a. TK Putra Setia
b. TK St. Fransiskur 1
c. TK St. Maria Fatimah
d. TKK 7 Penabur
e. TK St. Theresia
Daftar nama peserta terlampir.

2. Lomba komputer kid tingkat SD
a. SD St. Maria Juanda
b. SD St. Maria Fatimah Jatinegara
c. SD St. Theresia
d. SD Sint Joseph (tuan rumah)

• Pemenang lomba menari tingkat TK
Juara 1 ; TKK 7 Penabur
Juara 2 ; TK St Maria Fatimah
Juara 3 ; TK St. Theresia

• Pemenang Lomba komputer kid tingkat SD
Juara 1 ; SD St. Maria Juanda
Juara 2 ; SD St. Theresia
Juara 3 ; SD St. Maria Fatimah

• Acara ini juga mendapat donatur dari Alumni berupa susu Frisian Flag 12 dus, digunakan sebagai tambahan isi goody bag peserta. Dan Sponsor dari Pesona Edu berupa materi komputer, juri dan piala lomba komputer kid.